Simplicity

Desa itu bernama Edensor

Posted on: May 16, 2008

Fiuh…akhirnya novel Sang Pemimpi dan Edensor dapat ku khatamkan juga dalam waktu 2 hari padahal tuh novel sudah berbulan2 nangkring di rak buku (hahahaha..parah bener…sok sibuk sih..:P). Ada satu hal yang menarik setelah membaca novel ke-3 Andrea Hirata ini. Semula aku mengira Edensor itu hanyalah sebuah desa khayalan sang penulis tapi ternyata desa itu benar2 ada. Edensor merupakan sebuah desa di Derbyshire Inggris. Kalau mau tau lebih lanjut klik aja disini.

Inilah desa yang bernama Edensor itu…

So beautiful place….

Yang paling menarik sebenarnya adalah cara sang penulis dalam menemukan desa khayalannya didalam perjalanannya yang tak disengaja. Seperti yang diceritakan dalam buku tersebut, dalam perjalanan itu akhirnya sampailah dia di sebuah desa dan kemudian sang penulis merasakan sesuatu dejavu akan masa lalunya lalu bertanyalah dia kepada penduduk setempat dan dijawablah : Sure, lof. Its EDENSOR.” *gila….merinding banget baca buku ini…*

Review sedikit meskipun udah lumayan banyak yang udah baca bukunya….

Ketiga novel sekuel karya Andrea Hirata ini mengisahkan tentang kisah nyata perjalanan hidupnya. From nothing to be something. Sang penulis merupakan seorang anak yang dulunya tidak punya apa-apa bahkan terancam tidak bisa sekolah karena sekolahnya akan ditutup oleh pemerintah setempat. Akan tetapi ia mempunya mimpi yang luar biasa tingginya dan juga punya semangat yang tidak kalah tingginya untuk menggapai mimpi – mimpinya tersebut hingga pada akhirnya semua mimpi – mimpinya itu bisa menjadi kenyataan.

Banyak sekali pelajaran hidup yang dapat diambil dari buku ini. Salah satunya adalah mengajarkan kita bahwa setiap orang berhak mempunyai mimpi setinggi apapun karena tanpa mimpi orang tersebut seakan mati.

Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu….” — Arai

Buku ini juga mengajarkan bahwa suatu saat kita akan menemukan mozaik atau potongan kehidupan masa lalu kita di kehidupan kita yang akan datang. Karena kehidupan kita di masa lalu, sekarang dan masa depan adalah kehidupan yang masih saling bertautan.

Jika kita sekuat tenaga menemukan sesuatu, dan pada titik akhir upaya itu hasilnya masih nihil, maka sebenarnya kita telah menemukan apa yang kita cari dalam diri kita sendiri, yakni kenyataan, kenyataan yang harus dihadapi sepahit apapun keadaannya.”(Edensor, hal 266)

Bagi yang belum baca…bacalah…🙂

OOT dikit…sedikit sedih melihat buku pertama Andrea Hirata yang berjudul Laskar pelangi yang covernya dijiplak semirip mungkin seperti yang sudah diposting oleh tetangga sebelah. Hhhmm…..indo…indo… dimanakah kreatifitasmu….

36 Responses to "Desa itu bernama Edensor"

yak, ada waktu buat baca buku novel dan tidak buat TA ;)) heheheheheh😛

belum baca dari awal… ntar aja pas dah lengkap tetraloginya😛

yah mas masa 24 jam kuhabiskan dengan ngerjain TA trus..kan skali-skali refreshing
tapi kayaknya kebanyakan refreshingnya deh..😛

keduaxx nih…

kesana yuk eng… 😀

yuks…
*masukin ke daftar list mimpi*😉

wah ternyata edensor benar2 keren seperti dinovelnya

keren kan…..😉

Edenshore…
Besok berangkat ke Edenshore!!!!!
Kibarkan Merah Putih disana!!!! he he he
Sebenernya Orang indonesia juga pada kreatif lho, hanya saja kadang terbentur keadaan sehingga kreatifitasnya dialihkan ke yg lain….
Ayo para penulis muda, bangkit dan buat negara bangga…

haha…bagus juga idemu
yuk kibarkan merah putih kita tercinta di sono…
terbentur keadaan??ah masalah klasik…bukan begitu😉

novel dah dipegang-pegang, tapi isi kantong berkehendak lain

wah ndak ikutan saya kalo soal yang ini…:mrgreen:

kuat bener ya baca segitu tebelnya? ampun-ampun dah kalo saya

lah udah hobi…gimana dunks😛

andrea hirata gitu loh…. salah satu penulis paling luar biasa yang bukunya bisa gw baca ulang berkali2… hehe

yup…Andrea Hirata mang T.O.P😉

saya khatam 14 jam 20 menit 3 detik…ghahaha..buku nyang ke empat dah terbit lom..klo udah beli n pinjamkan ke saya ya..

blom terbit katanya September 08 nanti..yah kita tunggu ajah😉

Memang tempat yang sangat indah Edensor ini, kira2 disana orang2nya masih pake kuda gak ya untuk alat transportasi? Jadi penasaran. Yuk kita kesana…🙂

yuk kesana..mau jadi donaturnya mas??:mrgreen:

ndak bgitu suka baca novel (-_-)’ … kecuali novelnya john grisham * nah lho *

nah lo juga….

ah novel lagi novel lagi….

roaming roaming…..tuuuut tuuuut tuuuutt…….

yah abah..skali-skali baca novel c…jangan mikirin empang mulu…:P

Wah, kayaknya menarik banget nih isi novelnya.
Berapa sih harganya?

waduw…ngga hapal kalo masalah harganya
coba jah liat langsung di toko buku😉

wah.. keren banget yah bukunya.. ridu udah mo minjem sama temen neh.. jadi malu😳

temen ridu juga udah ganti desktop dia dengan gambar edensor itu.. keren banget yah,, kaya negeri mimpi atau dunia dongeng di Bobo.. hehehe.. nice

iyah keren…gpp du minjem yang pentin bisa baca😉

Ternyata desa Edensor seindah ceritanya. Bener-bener buku yang inspiratif, dan yang nulis orang Indonesia. Saluuut!
Btw, om Cookie ngajak ke Edensor bwt honeymoon yah? wkwkwkwkwkkwkw…… (Kabuuuur!)

huahahahaha..tanya langsung ama orangnya ajah dee…😛

karena edensor lah gw mulai tertarik baca tetralogi ini, waktu laskar pelangi muncul dan dikatakan bestseller gw blom tertarik, tapi waktu liat buku edensor, besoknya langsung beli ketiga2nya, hehehe, *maruk.com*

wekekeke…mantap langsung beli ketiganya..;)

sama ama neng fey!

awalnya ga tertarik ama laskar pelangi…

nampak kaum mayoritas sekali huahuahuahuha

tapi akhirnya oh akhirnya..

akhirnya luluh juga kan…🙂

gambar = 10/10

ini maksudnya apa ya…
binun mode = on

buku 5 cm juga lumayan bagus nggi. udah baca belom?
baca itu bikin jadi semangat lagi deh😀

udah dunks cha…;)
yang bikin semangat lagi buku 5 cm nya ato pemandangan di kali kemaren:mrgreen:

minjem donk nggie🙂

hayah…slsein dulu Laskar pelanginya…cari soul-nya dulu😛

kayaknya wajib nih beli bukunyah…tp isi novelnya sendiri ga melulu menceritakan latar belakang detail lokasi kejadian kan yah??😉

ngga kok…isinya tentang perjalanan hidup sang penulis..baca deh…

indah bgt ya

kayaknya sih begitu…blom pernah kesana c…

buku ini menarik dan inspiratif..
ga salah kalo kita beli..
kalo minjem baru salah..
hehehe

hehehe…makanya pada beli😀

belum baca, bagus ya?

bagusssss…..

wah bisa kayak gitu ya.. apa aku juga bisa melakukannya ya.. hehehehe.. ^^

hmmm..

satu lagi novel yang akan menggerogoti kantongku…

waduh, siap2 ngencengin ikat pinggang buat edensor nih!! hehehe…

salam edensor!!! sosoorrrr!!

novel2 nya mantabh ye.. ajiibbb…

jd brani bermimpi..

nich buku mang paling keren sedunia……..
jd pengen dech ke edensor
kirain itu cm ngri khayalan
eh……….ternyata oh ternyata

Aku bangga Indonesia punya penulis seperti Andrea Hirata
Aku suka semua cerita dari keempat buku dari tetralogi laskar pelangi.
Andrea Hirata memberi motivasi kalau kita jangan pernah takut bermimpi.
Bravo Hirata.

pemikir yang indah..

Edensor bner…bner kren abiz…

Plus.. ke 3 bku yg lainnya..

moga ja filmnya segera dibuat…

ke Edensor yuk…

q pikir edensir itu hanya sebuah khayalan dr sang penuls sja . tp memang bnr ada. hpn y q bisa ksana?

berharap akan sesuatu adalah keindahan….
terinspirasi oleh sesuatu adalah tantangan….
merealisasikannya adalah kebahagiaan….’
semangat!!!!!
mimpi juga ke Edensor…
moga kita semua bisa kesana…
amiin…

gw lagi nunggu Film Layar Lebarnya Edensor nih…….
siapa yang setuju…..

sy sdh bca keempat bukunya. 4 thumbs up bwt andrea hirata!
‘bermimpilah krn tuhan akan memeluk mimpi mimpi itu’ bnr2 kta2 yg membuatku semangat🙂

wow, fantastic ! awalnya ikal jelasin tentang desa itu kan ? tapi apa yang ikal bilang sama semua ?

jadi pingin ke edensor ;/

Lanjutttt ke Maryamah karpove…! Yups biar clear ceritanya… Hehe,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Just about the process of chasing the dreams and escaping from the past

says :

--151108--
and i'm here...standing with my own feet...
still in the same way...the way to find the real me...

mZ.anGgIe



just simple...
+Add @gie_5pidey
Y! Messenger ID : gie_5pidey
--------------------------------------------

Support to :

Aruh Blogger

Blog Stats

  • 71,076 hits

Capture of my life

sunsetinkuta

hon-ku.......

vie..gie..mey..

More Photos
%d bloggers like this: