Simplicity

Ada apa dengan film kita?

Posted on: April 30, 2008

Suatu siang saat terdampar di salah satu cafenet di jogja sambil menghindari hujan yang turun (tumben ya hujan..biasanya puanas bgt ni jogja beberapa hari terakhir ini..)

Ritual yang sedang dilakukan disini ya jelas menjelajahi dunia maya sambil ditemani segelas cappucinno dan diiringi musik jazz yang membuat suasana menjadi cozy bgt…..(whuaaaaa…i love this condition).

Setelah capek browsing sana sini, dunlud lagu, kluar masuk forum, ceting, buka fs, blogwalking hingga blogrunning sampe blogflying (hehe…) sampailah pada suatu situs penyedia informasi film-film yang sedang diputar oleh bioskop terbesar di tanah air tercinta. Hhhmmm…sedikit teringat akan film-film Indonesia yang diputar akhir-akhir ini…hhhmmm…kenapa yah kualitasnya semakin menurun saja.

Tunggu, bukan berarti saya ngga bangga akan hasil karya buatan anak negeri. Jujur dari lubuk hati terdalam, saya bangga sekali sineas Indonesia bisa bangkit kembali, tapi kok akhir-akhir ini kualitas film yang diproduksi sedikit mengalami penurunan ya, kecuali film ayat-ayat cinta…..ya ngga heran aja beberapa film Indonesia hanya bisa bertahan beberapa hari penayangannya.

Bisa jadi karena ceritanya yang kurang bermutu, yang terkadang hanya seputar cerita cinta yang endingnya sangat mudah ditebak, ngga cukup apa setiap hari sinetron di televisi menayangkan tipe cerita yang hampir serupa. Ada juga film yang isi ceritanya tentang hantu-hantuan yang terkadang ngga masuk akal dan dilebih-lebihkan lalu ada juga film yang ceritanya agak nyeleneh yang ngga layak ditonton anak di bawah umur atau bahkan perpaduan dari keduanya, kaya film yang dibintangi si-mbak-goyang-gergaji ituh yang merupakan salah satu idola dari teman saya….hahahaha…😛

Yaaa…paling ngga, kita ngga cuman dapat hiburan aja dari suatu film, akankah lebih bagus kalo film itu juga memberikan pesan moral sehingga dapat bermanfaat bagi penontonnya dan biaya produksi yang dikeluarkan pun jadi ngga sia-sia.

Jadi inget pernyataan temen saya yang sering menolak kalo diajak nonton film Indonesia, kecuali film Indonesia yang bener-bener bagus katanya…(katanya temen saya loh…)

“tunggu sebentar aja paling udah ada dirental penyewaan CD atau malah diputer di tv, jadi ngga usah keluar biaya banyak”

Haha…ada benernya juga sih meskipun azas penghematan-atas-dasar-mahasiswa nya sangat mencolok..hehehe…

trus jadi inget juga ada satu mas-mas yang protes saat membahas hal ini (hehe..) :

“gimana film Indonesia bisa maju kalau orang Indonesia sendiri ngga mau menghargai film buatan Indonesia itu sendiri dengan ngga mau menontonnya”

Yaaa…ada benernya juga sih… tapi kalo saja para pembuat film di indonesia bisa sedikit kreatif dengan membuat film-film berkualitas dan sarat akan pesan moral pastinya akan menyedot banyak penonton (bukan begitu….???).

Lalu pertanyaannya, ‘siapakah mas-mas yang suka protes itu?’ hahahaha…😛

—————————————–

Be positive aja deh…mungkin para sineas di Indonesia masih dalam taraf proses belajar, kita doakan saja semoga hasil karya mereka sebelumnya dapat dijadikan evaluasi untuk hasil karya mereka selanjutnya sehingga dapat menghasilkan karya yang lebih bagus, amin…

Dan untuk sineas muda Indonesia berbakat seperti Mira Lesmana, Hanung Bramantyo, Riri Riza, Rudi Soejarwo, Dimas Djay dan Nia Dinata ditunggu hasil karya berikutnya…mudah2an tetap bisa mempertahankan kualitas karyanya…

Betewey…mudah-mudahan film Laskar Pelangi bisa sebagus novelnya..amin lagi deh..:)

Hidup sineas Indonesia!!!!

32 Responses to "Ada apa dengan film kita?"

kebanyakan produser film itu cuma mementingkan profit dari filmnya itu, mereka gak mikir dampak dan juga manfaat dari film itu, sekedar memenuhi selera pasar aja, terutama film-film cinta2an, apalagi film horor, film2 yg mengandung nilai sejarah dan pendidikan kaya Gie gak keliatan lagi

mau ntn tali pocong perawan gie?
atau kereta hantu manggarai? :p
hm… hantu mana ya yang belum di buat filmnya… :p

gini aja gie, kamu en kawan2 bikin film aja sendiri, mesti seru tuh😀

hehe, aku juga sumpek ngeliat 21 isinya film indonesa semua😦

mana pada g mutu lagi…

padahal gw lg nunggu cloverfield

samaaaa… ga napsu nonton pelem indo, apalagi pelem horor, malesss.. ^o^

pertama kali nonton film indonesia itu kalo gak salah judulnya “Petualangan Sherina” en yang terakhir itu “Jailangkung”…
setelah dibandingkan secara kualitas dan moral yang dikandung didalamnya * halah, sok analitis *, maka “Petualangan Sherina” berada jauh tujuh langit diatas…
tapi ndak papa…lha wong waktu nonton pada dibayarin

:p

Saya juga lagi getol2nya pgen posting prkmbangan film dindo, aq pgen indo jdi kayak japan, film lokal jdi box office, hollywood aj geleng2..

yeah. hiduP!!!!!!!!!

@ridu :
iyah..para produser film skrg mang pikirannya pendek bgt
yang penting gimana caranya mereka mendapatkan keuntungan, bukan gimana caranya film itu bermanfaat bagi penontonnya..

@mas edo :
hantu yang blum dibikinin filmnya??
mau tau??
coba ngaca mas😀

@mitra :
ho oh sama…sumpek juga ngliatnya
apalagi melihat film indo-nya

@lisan :
iyaaa..aku juga males bgt kalo disuru nntn film horor indo
ngga masuk akal kadang2

@anton :
kok skrg ngga ada lagi ya film kaya petualangan serina, kan bagus buat anak2.

@diorockout :
hayuk mas diposting ajah…

@suci :
hidup juga deh..
**loh..**

td waktu liat propilnya trnyata kita 1 almamater yak🙂
salam kenal aja…
back to topic
emg sih pilem skr kurang memberi kesan yg dalam. tp ada beberapa film yg bagus juga kok. gak semua pilem gak mutu. endingnya bs di tebak karena para penonton adalah orang2 cerdas hehehehhee…..

eh, tuh YM online tp gak bs sending message? ada apa ya??

hohmmm…
film indo yg kutonton di bioskop :
kuntilanak (sapa ya yg ngjk dlu???), otomatis romantis
film luar yg kutonton di bioskop :
pirates of d carribean (at the world’s end –> ntn sama siapa ya???), resident evil 3 (extinction), transformer, jumper (pgn ntn brg2, tapi g tau kejelasannya, jadi aku ntn dluan, maap2…)
banyakan film luar…
knp yah??? hehehe…
ini malah lagi ngguin film “Wanted” yg dibintangin Angelina Jolie…

terlalu dominan nyari untungnya sih, jadi rada garing tuh film kita, paling beberapa aja yg berkualitas….tapi, bagaimanapun go aja deh..

Film indonesia …
hmmm atas nama kebebasan berekspresi maka keluarlah film-film ..
XL, ML, Namaku Dick, Quickie Express …
hah ..
Ekspresi kok ke situ terus yak …

(maap baru kenal udah nylonong masuk …)
Salam kenal

pnjelasan mengenai sikap pemerintah terhadap film indonesia juga diulas bagus oleh teman saya di http://ivana-dee.blogspot.com/

“tunggu sebentar aja paling udah ada dirental penyewaan CD atau malah diputer di tv, jadi ngga usah keluar biaya banyak”

apalagi kalo punya temen yang jaga rental, malah bisa gratis tuwh…
:p

kebetulan ane bukan pecinta pilem kategori percintaan dan sebangsaanya, namun….. bukankah adegan pelukan serta agedan ciuman disetiap pilem dihapus saja,

Lama-lama ada perubahan nama loh:
dari Studio Film 21 menjadi Studio Sinetron 21.
( sambil cengar cengir)

yups..
yg terpenting moral ….

selama masih ada yang nonton, film yang kaya begitu ya tetep diproduksi, terakhir nonton film indonesia, kuntilanak, tapi di tipi😀

Aku sendiri entah kenapa agak kurang begitu “sreg” nonton film indonesia😛
Kenapa ya? Hehe..

Salam kenal ya..
(Namanya sama, Anggie, cm gw cowok😀 )

Film Indonesia kebanyakkan di buat asal-asalan dan dengan biaya serendah mungkin. Makanya, sepertinya gak ada mutunya. Tapi film-film horor yang marak beredar saat ini katanya juga karena membludaknya permintaan penontonnya. Benar atau tidak? Kalau benar mudah-mudahan penonton Indonesia semakin cerdas. Kalau film-film yang tak bermutu itu sepi penonton, lama-lama khan hilang juga dari peredaran.:mrgreen:

Mudah-mudahan kondisi per-film-an Indonesia bisa berubah ke arah yang lebih baek, bukan hanya mengejar kuantitas melulu tapi kualitas juga, bukan begitu Anggie?

kl aku perhatiin film2 luar jg gitu sih.. film2 yg diandalkan juga diambil dari superheroes mereka. cuma ditampilkan dalam bentuk grafis yg modern. tapi beberapa emg bagus dari sisi cerita

kl kita? ya bagaimana anda menyikapinya.

OOT : yuks kita buat film keluarga cemara versi keluarga cempedak a.k.a keluarga cempluks.

saya koq masih menyukai film indonesia ya. entah kenapa.. hehe

tetep keren film bikinanku sendiri…hahahaha

eh nggi….tambahin link ke blogku donk…punyamu jg dah ku add lho! awas kl ga mau! hahahaha…

ini ajixxx 2004 yg pake kacamata yg ganteng sndiri…hahaha

film indo yang lagi gw tunggu : laskar pelangi. terakhir dengar kabarnya sih mereka sedang dalam proses casting buaya,😀

numpang nyampah
*lo ko fotoku ga ada gambarnya????? DHOENG!!*

sayang aku ga suka nonton film ke bioskop..jadi ga memperhatikan wajah perfilman indo

@R’kurniawan :
eh iya to mas…aku juga baru tau kalo 1 almamater..hehehe
iya tuh linknya mang broken

@hon-ningnong si ara :
itu dulu rame2 nntnnya..ikutan aja mah kalo rame-rame
huehehehe..

@hilman :
iyah..go juga deh😛

@nh18 :
haha..pada ikutan latah bikin film kayak gitu
basi jadinya…
salam kenal juga🙂

@kissweapon si burung gagak :
hayah….dasar…
tapi boljug juga idenya
hahaha….

@quelopi :
iyah..masa skrg tambah banyak yang pake adegan kayak gituan

@mas yang suka protes :
huahahaha…akhirnya kamu mengakuinya jelek…
wuihhh janganlah..
nanti kamu tambah susah diajak nntn di 21😀

@hanggadamai :
ya..anda benar🙂

@neng fey :
tapi knpa ya masi banyak yang mau nntn pelem kayak gitu
buat hiburan doank kali ya…

@anggie :
hiyaaa..salam kenal juga sesama anggie🙂

@Rafki RS :
iya sih mereka kan membuat film berdasarkan besarnya pangsa pasar. yah mari kita doakan saja semoga penonton indonesia bisa semakin cerdas memilih fil yang layak di tonton.

@wawan :
amin mas wawan…

@abah :
haha..yuks bah..pasti laris manis soalnya ada aku yang maen filmnya…huahahhahahaha…

@mas ryan :
aku juga masih suka mas asal filmnya bagus🙂

@ajixxx :
udahku add jixxx…

@icung yang ternyata si lisa :
kok namamu jadi icung cha…
casting buaya????
pasti si wahyu yang berhasil lolos jadi pemeran buayanya
hohoho…
eh iya kok potomu ngga muncul
aakkkuuuuu ngga tau chaaa….

@scarface :
coba skali2 nntn deh..hehehe😛

@all :
makasi udah komen…🙂

ada film judulnya lucu tuh: hantu perawan jeruk purut. …

gmpang” susah jln crita perfilmmn kt…………….!!!!!!!!!!
jrng skali prfilmmn kta brani untk mmbrikan fakta_y kpda konsumen………….!!!
bnyak aktor” yg msh mmbca afalan yg d brikan produsen jd dia tdk bsa mnjiwai sepenuh_y……

film indonesia banyak doang, py jarang yg bermutu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Just about the process of chasing the dreams and escaping from the past

says :

--151108--
and i'm here...standing with my own feet...
still in the same way...the way to find the real me...

mZ.anGgIe



just simple...
+Add @gie_5pidey
Y! Messenger ID : gie_5pidey
--------------------------------------------

Support to :

Aruh Blogger

Blog Stats

  • 71,076 hits

Capture of my life

sunsetinkuta

hon-ku.......

vie..gie..mey..

More Photos
%d bloggers like this: